5.19.2009

Segmentasi

Ada Permasalahan / Kasus :
6 Warnet dengan masing masing warnet mempunyai 1 Router


Jumlah Komputer :

1. 30 Komputer

2. 55 Komputer

3. 12 Komputer

4. 60 Komputer

5. 14 Komputer

6. 36 Komputer


IP : 203.154.72.0/24



Pertanyaannya :


1. Bagaimana pembagian IP nya

2. Ubahlah IP Broadcast dan IP Network ke dalam Bilangan Hexa!!!!!

penyelesian adalah :


Tiap – tiap IP per segment,tidak di bagi, namun tiap IP didekatkan dengan Bilangan binnary

Segmen 1: 32 IP

Segmen 2: 64 IP

Segmen 3: 16 IP

Segmen 4: 64 IP

Segmen 5: 16 IP

Segmen 6: 64 IP

Pengerjaanya:

Segment

IP Network

IP Broadcast

Subnetmask

Host

1

203.154.72.0

203.154.72.31

/27

30

2

.32

.95

/26

62

3

.96

.111

/28

14

4

.112

.175

/27

62

5

.176

.191

/28

14

6

.192

.255

/26

62


Perubahan IP

SEGMENT 1

IP NET : 203.154.72.0

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 0 : 2 00000000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 000000000

IP BROAD : 203.154.72.31

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 31 : 2 00011111

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 00011111 2 0


SEGMENT 2

IP NET : 203.154.72.32

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 32 : 2 00100000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 00100000 2 0

IP BROAD : 203.154.72.31

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 95 : 2 01011111

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 01011111 5 F


SEGMENT 3

IP NET : 203.154.72.96

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 96 : 2 01100000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 01100000 6 0

IP BROAD : : 203.154.72.111

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 111: 2 01101111

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 01101111 6 F


SEGMENT 4

IP NET : 203.154.72.112

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 112 : 201110000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 01110000 7 0

IP BROAD : : 203.154.72.175

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 175: 2 10101111

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 10101111 A F


SEGMENT 5

IP NET : 203.154.72.176

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 176 : 210110000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 10110000 B 0

IP BROAD : : 203.154.72.191

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 191: 2 10111111

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 10111111 B F


SEGMENT 6

IP NET : 203.154.72.192

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 192 : 211000000

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 11000000C 0

IP BROAD : : 203.154.72.255

BINER : 203 : 211001011

: 154 : 210011010

: 72 : 2 1010100

: 255: 2 111111001

HEXA : 11001011 C B

: 10011010 9 A

: 1010100 4 8

: 111111001 F F



[+/-] Selengkapnya...

4.21.2009

Tutorial Membuat Aplikasi Perpustakaan dengan Macromedia Flash 8

Pendahuluan
Macromedia Flash adalah suatu sistem aplikasi yang menyuguhkan berbagai keunggulan untuk membuat sebuah animasi,aplikasi, ataupun bahan presentasi. Di dalam tutorial ini kami akan memberikan pengetahuan kepada Anda semua dalam pemakaian aplikasi Macromedia Flash untuk pembuatan Aplikasi pengelolaan perpustakaan.

Pengenalan Macromedia Flash 8
Di dalam Macromedia Flash ini kita akan menjumpai beberapa tools – tools yang biasa digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi.
Selection Tool : Tools yang digunakan untuk memblok bagian dari daerah yang di blok untuk dieksekusi
Subselection Tool : Tools yang digunakan untuk mengubah bentuk dari suatu gambar sehingga sudut – sudut dari gambar tersebut dapat dieksekusi
Free Transform Tool : Tools yang digunakan untuk mengubah ukuran dari daerah yang diblok
Gradient Transform Tool : Tools yang digunakan untuk memberi gradiansi warna pada daerah yang telah diblok.
Line Tool : Tools yang digunakan untuk membuat garis pada daerah gambar (action range)
Lasso Tool : Tools yang digunakan untuk memotong gambar secara manual
Pen Tool : Tools yang digunakan untuk memberi garis pena pada daerah action
Text Tool : Tools yang digunakan untuk memberi text kepada daerah action
Oval Tool : Tools yang digunakan untuk membuat bentuk ouval atau bentuk lonjong
Rectangle Tool : Tools yang digunakan untuk membuat bentuk yang menyiku (segitiga,persegi panjang,dll)
Pencil Tool : Tools yang digunakan untuk memberi garis tipis
Brush Tool : Tools yang digunakan untuk memberi warna pada daerah action
Ink Bottle Tool : Tools yang digunakan untuk pemberian warna
Paint Bucket Tool : Tools yang memiliki fungsi yang sama dengan Ink Bottle Tool namun cangkupan pemberian warnanya lebih luas
Eye Dropper Tool : Tools yang digunakan untuk mengambil sample warna
Eraser Tool : Tools yang digunakan untuk menghapus gambar pada daerah action

Action Script 2.0
Action Sript 2.0 adalah salah satu fungsi yang diberikan oleh Sistem Aplikasi Macromedia Flash 8 untuk memberikan perintah pada aplikasi yang kita jalankan. Untuk memakainya kita hanya perlu menekan tombol F12 atau mencarinya di bagian paling bawah.

Pembuatan Aplikasi Perpustakaan di Macromedia Flash

Pertama, buka terlebih dahulu m.Flash lalu kita membuat cover atau menu awal pada saat aplikasi dibuka pertama kali. Kita membuat menu Log In yang bias dibuka oleh operator. Setelah itu kita membuat frame baru, untuk membuat isi dari aplikasi tersebut, dengan beberapa menu antara lain nama peminjam, kelas, tanggal meminjam, tanggal pengembalian dan denda apabila pengembalian buku terlambat, lalu buatlah sebuah database pada Microsoft Acces. Export-lah file tersebut menjadi xml file sehingga sriptnya bisa kita pergunakan pada Macromedia Flash 8.
Kedua, kita Disini kami akan menggunakan Button yang telah disediakan oleh Macromedia Flash 8. Bloklah button kemudian klik kanan dan pilih action pada bagian paling bawah. Pada action script, pilih script assist untuk membantu dalam membuat script. Pilih tanda plus kemudian pilih Global Function kemudian timeline control lalu klik goto. Pada script assist pilih selection pada go to and play. Pilih frame kedua kemudian kembali pada action range. Sehingga bila kita menekan button tersebut, kita akan langsung pergi ke frame kedua.
Ketiga, bukalah file dari Microsoft Acces yang berbentuk xml file. Blok semua scriptnya dan masukkan pada action script pada Macromedia Flash. Sehingga bila kita menekan tombol yang membuka frame yang terdapat xml scriptnya, kita akan disuguhkan beberapa tabel yang dapat digunakan untuk menuliskan buku, waktu, dan apa – apa saja yang mengenai Perpustakaan.

Klik disini untuk Download

[+/-] Selengkapnya...

4.20.2009

Tutorial Membuat Game Flash Sederhana ( PiNg pOnG )

Game ini sangat sederhana dan masih banyak kekurangannya jadi maklumilah, langkah-langkahuntuk membuat game flash ini adalah :

1. Sudah pasti masuk ke macromedia flashnya terlebih dahulu.

2. Membuat layer yang diberi nama (nama terserah anda tetapi saya menggunakan nama Menu) untuk tampilan menu game.

3. Kita buat tombol menu menu untuk mainnya.

4. Lalu kita beri script tombol tersebut :

on (release) {

play();

}

5. Menggambar atau menghiasi tampilan menu supaya terlihat men arik, seperti gambar
dibawah ini.

6. Lalu kita buat layer agar framenya dapat diam dan bisa melanjutkan ke frame lain dengan menekan tombol menu tadi yaitu dengan menambahkan script di layer tersebut dengan script :

stop();


7. Setelah itu buat layer dan frame baru untuk isi gamenya.

Bisa frame tersebut diberi gambar kembali dengan gambar yang anda inginkan agar menarik.

8. Setelah itu buat layer kembali untuk membuat bola dengan nama layer bola.

9. Setelah itu gambar bola nya.


10. Lalu beri script dengan menekan tombol F9 di bola nya, dengan script di bawah ini :

onClipEvent (load) {

kecepatanx = 20;

kecepatany = 20;

}

onClipEvent (enterFrame) {

_x += kecepatanx;

_y += kecepatany;

}


11. Setelah itu buat 2 layer kembali untuk membuat temboknya dengan nama tembok kanan dan tembok kiri supaya bolanya dapat memantul.

12. Setelah di buat temboknya beri script ke duanya dengan script :

onClipEvent (enterFrame) {

if (hitTest(_root.bola)) {

_root.bola.kecepatanx = -_root.bola.kecepatanx;

}

}

13. Setelah itu buat layer kembali untuk menu restart apabila bola sudah tidak ada, disini

kita buat tombol restart.

14. Setelah dibuat lalu di beri script :

on (release) {

gotoAndPlay(1)

}

15. Setelah itu buat layer lagi untuk menstop framenya dan akan berpindah dengan menekan tombol restart tadi.

16. Dan jadilah tampilan dalam gamenya seperti ini.


Begitulah cara membuat game flash PiNg pOnG ini mudah bukan, tapi masih banyak yang perlu di perbaiki dari game ini. Untuk mencoba gamenya tekan Ctrl+Enter.

“Selamat Mencoba”



Klik Disini untuk di Download

[+/-] Selengkapnya...

Visit my blog


hit counter

 
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Powered by  MyPagerank.Net

Media